Sesuai iklim di Indonesia yang tropis, rumah yang cocok adalah rumah bersama desain tropis minimalis. Karena pada iklim tropis terkandung dua musim yakni musim kemarau dan musim hujan. Sebagaimana kita ketahui pada musim kemarau terik matahari menjadikan udara begitu panas di siang hari, dan dikala musim hujan tiba udara menjadi dingin dan lembab. Rumah yang dirancang cocok bersama iklim tropis, sehingga penghuni rumah senantiasa mulai nyaman didalam hadapi pergantian udara. Oleh sebab itu desain rumah tropis minimalis dirancang sedemikian rupa, sehingga memiliki unsur-unsur rumah yang mampu mengendalikan suhu udara di didalam rumah.

Bagaimana caranya untuk mengendalikan suhu di didalam rumah sehingga senantiasa mampu memberikan kenyamanan bagi yang menempatinya? Simak cara-cara berikut ini ini:

1. Buat Kemiringan Atap Rumah

Semakin besar kemiringan atap pastinya bakal menciptakan volume ruang atap menjadi besar. Ini mampu berfungsi meredam suhu panas yang timbulkan berasal dari atap rumah yang terpapar sinar matahari langsung. Agar udara panas tidak mampu diteruskan ke didalam ruangan, itu sebabnya volume ruang atap di bikin besar. Untuk atap yang cocok digunakan untuk rumah tropis adalah genting model gerabah atau mampu terhitung genting keramik. Atur kemiringan atap minimum 30 derajat.

2. Dinding Rumah

Untuk dinding rumah tropis kudu lah memiliki ketinggian yang cukup, sehingga sirkulasi udara bagus di didalam rumah, minimum ketinggian plapond berasal dari lantai adalah 300cm. atur ruangan khusus seperti ruang tamu, ruang keluarga sebaiknya digabung untuk meminimalisir ruangan. Dan untuk ruang makan sebaiknya jangan dipisahkan bersama dinding tembok sehingga ruangan menjadi terbuka. Selain mampu memicu rumah mulai luas dan lega, cara ini ampuh menangkal udara panas di didalam rumah pada siang hari.

3. Jendela dan Lubang Ventilasi

Buatlah jendela-jendela bersama ukuran yang memadai besar pada tiap tembok yang menghadap keluar. Agar sirkulasi udara mampu lancar sebab pergantian udara luar dan di didalam rumah menjadi prima sebab terdapatnya bukaan yang besar. Untuk menaikkan dinginnya udara di didalam rumah, Anda mampu memberikan lubang ventilasi pada bagian atas jendela tidak cuman Anda bikin terhitung memicu lubang ventilasi pada atas kusen pintu.

4. Buat Taman dan Kolam Hias

Taman dan kolam hias adalah aksesoris paling tepat di tambahakan pada desain rumah tropis minimalis, ini bakal memberikan kebugaran dan menaikkan kenyamanan tentunya. tidak cuman fungsinya sebagai dekorasi untuk memperindah rumah, terdapatnya tanaman dan kolam terhitung memiliki berfungsi sebagai peredam udara panas dan sebagai filter atau penyaring udara.

5. Warna Cat Rumah

Dengan menentukan warna cat yang tepat pada tiap tiap bagian atau komponen rumah terhitung penentuan warna untuk perabot, aksesoris atau ornamen rumah bakal memberikan nuansa rumah tropis minimalis yang nyaman dan indah. Untuk cat rumah bagian luar, Anda mampu menentukan warna abu-abu. Sedangkan untuk warna pada bagian didalam rumah, Anda memadai menentukan warna putih saja untuk melapisi semua tembok rumah.

Selain lima unsur yang saya bagikan di atas, barangkali masih tersedia unsur lain yang tersedia yang mampu mengendalikan suhu di didalam rumah tropis minimalis. Tetapi bersama 5 poin penting di atas, di rasa sudah memadai untuk mampu mengendalikan suhu ruangan pada rumah tropis minimalis. Semoga bermanfaat!

One thought on “Desain Rumah Tropis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *